Jumat, 15 Oktober 2010

Kebun Binatang Ragunan Jakarta




Kebun Binatang Ragunan
Kebun binatang Ragunan dirancang sebagai kebun binatang terbuka. Koleksi satwanya lebih dari 4.000 ekor, terdiri dari 295 spesies.
Kebun binatang seluas 140 hektar ini dibuka secara resmi oleh Gubernur DKI Jakarta tahun 1966 dengan nama Taman Margasatwa Ragunan. Kemudian, nama itu diubah lagi namanya dan menjadi Kebun Binatang Ragunan. Kebun Binatang Ragunan ini merupakan kebun binatang terbesar di kawasan Asia Tenggara.
Pusat Primata Schumutzer












Kebun binatang ini memiliki sebuah pusat konservasi primata terbesar di dunia, yaitu Pusat Primata Schmutzer. Nama Schmutzer diambil dari nama mendiang Ibu Pauline Antoinette Schmutzer-versteegh (1924-1998), seorang pelukis dan pecinta binatang berdarah Belanda, kelahiran Wonorejo, Jawa Tengah yang berhati mulia dan mencintai Indonesia. Beliau berkenan menyumbangkan seluruh harta warisannya untuk pendirian pusat primata terbaru ini. Sebelumnya, beliau juga telah beberapa kali menyumbangkan hartanya untuk pembangunan berbagai kandang di Kebun Binatang Ragunan, seperti kandang singa, harimau, beruang, dll. Kini, berkat kebaikan hatinya, Jakarta memiliki sebuah pusat primata terbesar di dunia seluas 13 hektar. Sebelumnya, pusat primata terbesar di dunia berada di Leipzig, Jerman dengan luas 4,5 hektar.

Ada juga "Dunia Orang Utan", disini kita memasuki terowongan panjang dan gelap yang dibuat menyerupai goa, dimana antara tiap-tiap bagian dipisahkan oleh tali-tali yang menyerupai akar pohon. Pada sisi-sisi terowongan di bagian tertentu akan nampak kaca tebal sehingga kita dapat melihat orang utan yang berada di luar.
Setelah keluar dari terowongan, kita dapat menaiki rumah pohon yang tinggi atau berjalan diantara pohon melewati jembatan gantung. Di bagian lain, terdapat taman bali. Tempat ini dibuat menyerupai suasana bali. Ada juga tempat bermain untuk anak seperti ayunan, batang pohon yang dapat dipanjat, bergelantung di tali atau bermain pasir.
Bila Anda merencanakan ke tempat ini, hendaknya membawa persediaan air minum yang cukup, karena untuk melihat binatang yang satu dan yang lain Anda harus berjalan kaki. Sediakan juga topi atau payung untuk melindungi dari sinar matahari. Jadi, untuk liburan tidak berarti harus mengeluarkan banyak uang.


Kirim Email ke Surya Wisata.
Kami siap membantu perjalanan anda.

1 komentar :

Hari Agustian mengatakan...

termakasih sob, mungkin artike ini juga jadi review ente

Posting Komentar