Surya Wisata

SELAMAT DATANG DI BLOG KAMI...... PENGUNJUNG YANG BAIK MENINGGALKAN COMMENT^^
SURYA WISATA, MENJADIKAN PERJALANAN ANDA LEBIH MUDAH DAN MENYENANGKAN. KARENA SURYA WISATA ADALAH TEMAN TERBAIK DALAM PERJALANAN ANDA

Search

Selasa, 28 September 2010

Berbagai Pegunungan Wisata Indonesia yang Indah

1. Gunung Lawu
Gunung Lawu


Gunung lawu (3.265 m) terletak di pulau jawa, indonesia, tepatnya di perbatasan provinsi jawa tengah dan jawa timur. Status gunung ini adalah gunung api berstatus “istirahat” dan telah lama tidak aktif, terlihat dari rapatnya vegetasi serta puncaknya yang tererosi. Di lerengnya terdapat kepundan kecil yang masih mengeluarkan uap air (fumarol) dan belerang (solfatara). Gunung lawu mempunyai kawasan hutan dipterokarp bukit, hutan dipterokarp atas, hutan montane, dan hutan ericaceous.
Gunung lawu memiliki dua puncak, puncak hargo dalem dan hargo dumilah. Yang terakhir ini adalah puncak tertinggi.Di lereng gunung ini terdapat sejumlah tempat yang populer sebagai tujuan wisata, terutama di daerah tawangmangu, cemorosewu, dan sarangan. Agak ke bawah, di sisi barat terdapat dua komplek percandian dari masa akhir majapahit: Candi sukuh dan candi cetho. Di kaki gunung ini juga terletak komplek pemakaman kerabat praja mangkunagaran: Astana girilayu dan astana mangadeg. Di dekat komplek ini terletak istana giribangun, mausoleum untuk keluarga presiden kedua indonesia, suharto.

2. Gunung Jaya Wijaya
Jayawijaya

(seven summit) sebutan puncak yang juga terdaftar sebagai salah satu dari tujuh puncak benua.yang sangat fenomenal dan menjadi incaran pendaki gunung di berbagai belahan dunia. Puncak jayawijaya terletak di taman nasional laurentz, papua. Puncak ini diselimuti oleh salju abadi. Salju abadi di puncak jayawijaya merupakan satu dari tiga padang salju di daerah tropis yang terdapat di dunia. Di negeri kita yang dilalui garis khatulistiwa ini, menyaksikan adanya salju di indonesia tentunya sesuatu yang mustahil untuk bisa dimengerti. Carstenz pyramid (4884 mdpl) adalah salah satu puncak yang bersalju tersebut. Puncak tertinggi di asia tenggara dan pasifik ini terletak di rangkaian pegunungan sudirman. Puncak ini terkenal tidak hanya karena tingginya, tetapi juga karena terdapat lapisan salju di puncaknya.

3. Gunung Gamalama
Gunung Gamalama
Gunung gamalama merupakan salah satu gunung api yang ada di provinsi maluku utara. Selain gunung ini, masih ada gunung gamkonora di kabupaten halmahera barat, gunung ibu dan gunung dakona yang berada di kabupaten halmahera utara, dan gunung kiebesi di halmahera selatan. Gunung gamalama sendiri terletak di pulau ternate dan memiliki ketinggian sekitar 1.715 m dpl (di atas permukaan laut).
Selain pemandangan yang mempesona, para pendaki juga akan menemui tempat-tempat unik di gunung tersebut. Di antaranya adalah mata air dalam lekukan batu seluas loyang besar, yang oleh masyarakat setempat disebut dengan mata air abdas. Konon, mata air ini dapat menyembuhkan berbagai penyakit. Maka, tak heran jika masyarakat ternate begitu mengkeramatkan mata air ini. Sehingga, ada aturan tertentu untuk mengambil air dari mata air abdas, yakni tidak boleh berebutan, dan tiap-tiap orang hanya diperbolehkan mengambil satu botol.

Selain mata air abdas, tempat menarik lainnya adalah kuburan leluhur masyarakat ternate, yang sudah berumur ratusan tahun. Belum diketahui, kenapa kuburan tersebut bisa ada di puncak gunung gamalama. Namun yang pasti, masyarakat ternate sangat mengeramatkan kuburan tersebut. Banyak masyarakat ternate yang mendaki gunung gamalama untuk berziarah di makam leluhur ini.

Gunung gamalama terletak di kota ternate, provinsi maluku utara, indonesia. Jika ingin melakukan pendakian, jalur pendakian dapat diakses dari beberapa desa di sekitarnya, seperti desa moya, desa malikurubu, dan desa akehuda. Namun, dari ketiga desa ini, jika ingin jalur pendakian termudah dapat melalui desa mayo.

4. Tangkuban Perahu
Tangkuban Perahu

kawah tangkuban perahu merupakan salah satu obyek wisata yang terletak di wilayah selatan kab. Subang, berada pada ketinggian 2084 m di atas permukaan laut. Keindahan alam dengan deretan kawah yang membentang dan kesejukan udara pegunungan yang khas serta hamparan gunung-gunung lain yang tinggi menjulang mengelilinginya dan banyaknya koleksi tumbuh-tumbuhan serta tanaman khas hutan tropis yang tumbuh subur disekitar kawah, menjadikan gunung tangkuban perahu sebagai tujuan wisata yang menarik di kabupaten subang.
Dilihat dari kota bandung, gunung tangkuban parahu memiliki bentuk yang unik menyerupai perahu terbalik (bahasa sunda : Tangkuban = terbalik, parahu = perahu). Bentuk unik dipercaya memiliki kaitan yang sangat erat dengan kisah legenda sangkuriang.
Menikmati pemandangan kawah ratu dari gunung tangkuban perahu, laksana melihat mangkuk raksasa yang sangat besar dan dalam. Saat cuaca cerah, lekukan tanah pada dinding kawah demikian juga dasar kawah dapat terlihat cukup jelas sehingga mampu menyajikan pemandangan panoramic yang spektakuler. Kemegahan kawah yang begitu luas dan dalam, setidaknya mampu memaksa pengunjung untuk sejenak terdiam dan takjub akan kebesaran hasil karya tuhan.


5. Gunung Agung

Gunung Agung adalah gunung tertinggi di pulau bali dengan ketinggian 3.142 mdpl. Gunung ini terletak di kecamatan rendang, kabupaten karangasem – bali.
Gunung agung adalah gunung berapi tipe stratovolcano, gunung ini memiliki kawah yang sangat besar dan sangat dalam yang terkadang mengeluarkan asap dan uap air. Dari pura besakih gunung ini nampak dengan kerucut runcing sempurna, tetapi sebenarnya puncak gunung ini memanjang dan berakhir pada kawah yang melingkar dan lebar.
Dari puncak gunung agung kita dapat melihat puncak gunung rinjani yang berada di pulau lombok di sebelah timur, meskipun kedua gunung tertutup awan karena kedua puncak gunung tersebut berada di atas awan, kepulauan nusa penida di sebelah selatan beserta pantai-pantainya, termasuk pantai sanur serta gunung dan danau batur di sebelah barat laut



suryawisatapkl,blogspot.com

2 komentar:

Anonim mengatakan...

okk

tiket pesawat murah mengatakan...

paling penasaran sih gan,,tangkuban perahu,,
belum pernah kesana nih,,
kalau ada liburan pengen berlibur kesana,,
moga bisa deh,,
makasih gan dah nambah referensi liburan,,

Poskan Komentar

Ada kesalahan di dalam gadget ini